Translate di sini

Saturday, June 20, 2009

Jadi dalang itu menyenangkan

Pengalaman gw nih...

seminggu yang lalu gw jadi dalang di salah satu acara di fakultas gw..

ceritanya fakultas gw itu membuat acara pagelaran wayang kulit dalam 5 bahasa.. nah gw kebagian jadi dalang buat bahasa mandarin...

pertanyaannya adalah: "Kenapa Igor yang dijadikan dalang?"

Jawabannya adalah : "Karena Igor kalo diposisikan sebagai pemain gamelan, pagelaran akan bubar karena pasti dia akan memainkan intro Sweet Child O Mine dengan gamelan sepanjang pentas." itu kata madam.

jadi pada intinya gw diposisikan sebagai dalang itu agar supaya acara ini selamat dari kekacauan..

jadi intinya para petinggi di fakultas gw menganggap gw sebagai SANG PENYELAMAT!!

thank u before...



Nah karena gw didaulat untuk jadi dalang bahasa mandarin, yang terpenting adalah gw harus memahami script pementasan dalam bahasa MANDARIN!!

sumpah, gw udah lupa tentang bahasa mandarin! udah lama banget gw keluar dari les mandarin!!

yang gw tau adalah cuma SWEAR WORDS doang dalam bahasa mandarin!
Jadi gw harus banyak belajar mandarin lagi...

Hal termudah dalam belajar mandarin adalah melalui film! itu kata Prinka, temen gw yang jadi dubber mandarin.. Jadi gw mulai mencari referensi film film mandarin!

dan gw dapat beberapa film mandarin (at least actornya orang cina gitu)...

Film pertama yang gw tonton adalah RUSH HOUR!! gw mengasumsikan Rush Hour sebaga film mandarin karena tokoh utamanya adalah Jackie Chan alias Chen Lung...
Tapi setelah film itu selesai, gw cuma nemu 3 phrase bahasa mandarin aja yaitu : XIE XIE, NI HAO MA, dan FAK YU!

gw gagal kali ini!!

TAPI GW GAK MENYERAH!

besoknya gw nyari pinjeman film mandarin lagi!
dan gw dapat dari adek gw yang bernama Inggrit!! Judul film itu THE JEWEL IN THE PALACE!
lakon utamanya disebut Jang Geum. Film itu berjumlah 50 sekian keping CD.. gw mulai parno dan berpikir jangan2 setelah nonton film sebanyak itu gw akan lupa bahasa Indonesia dan Inggris gw dan gw hanya akan berkomunikasi dengan bahasa Mandarin saja....

TAPI INI DEMI FAKULTAS GW dan DEMI ACARA GW dan DEMI HARGA DIRI GW!!

setelah kurang lebih sebelas atau dua belas keping, adek gw si Inggrit tanya pendapat gw tentang film The Jewel in the Palace itu.

gw jawab "INI BAGUS!! Gw jadi ngerti banyak lagi tentang MANDARIN LANGUAGE! Ini gw udah catat semua hal tentang bahasa Mandarin di film itu."

Inggrit tanya, "Mandarin??? Lo nulis brapa banyak?"

gw jawab, "3 halaman folio bolak balik nih!" gw bangga....

Inggrit bilang ke gw, "Itu film KOREA, bego!!"

Gw, "??????"

karena gagal sekali lagi, gw memutuskan untuk belaja sama Prinka aja.. dan sukses dengan simpel... huh...

nah, menjadi dalang bukan berarti perkara mudah.. selain ngafalin script kita juga harus ngafalin gerakan wayang.. asal kalian tau, yang namanya karakter wayang itu selalu beda.
Kalo masalah ngafalin gerakan doang ma gw bisa.. bukan nyombong, tapi gw emang bertalenta..

Tibalah hari pentas!!

Gw akhirnya harus perform dan ini gak boleh gagal karena puluhan orang liat perform gw....

dan akhirnya setelah melewati hampir satu jam perform, gw berhasil dengan sukses!!

lagi lagi ini memperlihatkan betapa gw benar benar bertalenta!! hakakakaka

hal yang paling menyenangkan adalah, di hari berikutnya setelah jadi dalang, foto gw ada di beberapa koran!

setelah gw beli koran - koran yang majang foto gw, gw pamer ke nyokap gw,

"Mam, ini foto2 aku ada di koran - koran!"

Ibu mana sih yang nggak bangga kalo anaknya masuk koran?

tapi sejurus kemudian dia bilang,

"kok fotonya gak keliatan muka ya?" atau "kok fotonya dari belakang semua ya?"

gw tersadar, iya ya kok ga ada yang keliatan muka gw ya??

semua foto dari belakang! cuma rambut indah gw aja yang keliatan...

cuma satu hal yang cukup menolong, nama gw tercantum di bawah foto foto itu..
hakakakaka.. (tetep nyombong mode: on)



nah sekarang pesan gw buat para pembaca

"Kita harus cinta akan budaya tanah air kita sejak dini
Kalo bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan budaya Indonesia?"


akhir kata, ini gw tunjukin beberapa foto gw pas lagi jadi dalang di acara itu.




Thanx to:

1. Pak Tjahyono, atas pelajaran mendalang selama ini

2. Madam, atas semangat dan pemberian kesempatan pada saya hingga saya bisa masuk koran dan tivi tivi di tanah air

3. Semua teman teman dubber dan pemaen gamelan NIKIMUZIEKU

4. Semua Fans saya

5. Monica Halim ( gak tau jg kenapa gw harus berterima kasih sama orang ini =p )

THANK YOU SO MUCH!!

3 comments:

  1. Kid,
    U should put the pictures in the newspapers...so people now that u r really on the news......
    But fortunately I missed the TV program or I'll witness the most stupid mistake ever...pragalba or rahwana???

    ReplyDelete
  2. igor lebaiiiyyyyyyyyyyyy............!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih juga untuk keseriusan kamu belajar(walaupun mungkin kamu tidak ngaku kalau serius).

    ReplyDelete